Memberi harapan pada diri sendiri tentunya memang sangat menenangkan, namun ketenangan dalam meraih harapan harus diwujudkan dalam karya nyata. Hal inilah yang berusaha diwujudkan

43 mahasiswa baru jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, mengadakan pameran yang pertama kalinya di Gedung G Kampus Udinus, Kamis hingga Sabtu (7-9/4). Para mahasiswa baru ini ingiin meraih harapan mereka dengan membuka masa perkuliahan di DKV Udinus dengan memamerkan karyanya yang telah dikurasi oleh dosen pembimbing.

 

Dengan mengusung tema Ataraxia, pameran karya ini diharapkan dapat memicu mahasiswa baru dalam meningkatkan eksistensi berkarya. “Ataraxia sendiri memiliki makna ketenangan untuk mencapai ketenangan jiwa,” kata Muhammad Fahmi Faisal Hikmawan, selaku Ketua Pameran itu. Ketenangan jiwa didalam pameran kali ini diwujudkan, dengan didirikannya pohon harapan di tengah-tengah ruang pameran.

“Jadi, siapapun yang datang ke pameran karya kali ini, bisa menulis suatu harapan di kertas yang disediakan, kemudian digantungkan di pohon agar selama menjalani hidupnya, selalu tenang dalam mengatasi semua masalah,” papar Fahmi.

 

Ataraxia ini memamerkan 43 karya yang terdiri dari 17 karya fotografi dan ilustrasi yang terdiri dari 18 karya digital, serta delapan karya manual. “Mahasiswa baru memang diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam berkarya. Karena dalam tugas akhir nanti, mengikuti pameran karya adalah salah satu syarat kelulusan,” kata Khamadi, dosen jurusan DKV Udinus.

 

Sementara itu, Farihatul Munifah, salah satu peserta pameran yang memamerkan karya fotografinya, mengaku bangga fotonya dapat menjadi salah satu karya yang lolos kurasi. “Memang saya menyukai fotografi semenjak SMA. Dengan mengikuti parneran ini, saya ingin membuktikan kemampuan saya.” tutur Farihatul. (*humas)