“Menetapkan dan menjalankan  visi dan misi secara konsisten, serta meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi, merupakan langkah-langkah konkrit untuk sebuah perguruan tinggi yang ingin meningkatkan kualitasnya,” terang Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Dr Ir Mochamad Ashari, M.Eng saat mengisi lokakarya di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Kamis (3-6-2021).

 

Lokakarya yang diberi tema ‘Membudayakan Mutu Menuju Institusi Unggul Bertaraf Internasional’ ini digelar secara daring oleh Lembaga Penjaminan Mutu yang dihadiri oleh puluhan jajaran pimpinan di Udinus.

Dalam paparannya Prof Ashari menyampaikan bahwa di era Volality, Uncertainty, Complexity an Ambiguity (VUCA) saat ini telah membuat banyak perubahan di dunia Pendidikan. Diantaranya perubahan ekosistem, perubahan perguruan tinggi, dan perubahan fokus arah pengembangan perguruan tinggi.
“Dengan segala perubahan yang terjadi di sekitar kita, hendaknya setiap perguruan tingggi merespon dengan cepat perubahan itu. Lebih fleksibel mengikuti kebutuhan industri. Dan saya sangat mengapresiasi perubahan yang terjadi di Udinus ini. Adaptif dengan segala perubahan, hanya tinggal dimaksimalkan saja,” tutur Prof Ashari.

 

Dalam lokakarya ini, Rektor ITS tersebut memberikan banyak sekali masukan dan motivasi untuk Udinus. Terlebih, sebelum menjabat sebagai Rektor ITS, beliau pernah menjabat sebagai Rektor Telkom University pada tahun 2013-2018 dan melakukan berbagai-berbagai gebrakan massive di tubuh perguruan tinggi tersebut.

“Udinus dan Telkom University sedikit banyak memiliki banyak kesamaan. Udinus sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah, sedangkan Telkom University sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Barat. Semoga Udinus bisa terus menjadi pilihan di Jawa Tengah,” puji Prof Ashari.

 

Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom berharap Udinus lebih bermutu dan berkualitas kedepannya, untuk itu dihadirkan Prof Ashari untuk memberikan suntikan semangat ke jajaran pimpinan di Udinus. Saat ini Udinus juga memiliki Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) A, Prof Edi terus memacu seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan mutu, “Semoga akreditasi di setiap prodi menjadi unggul. Agar Udinus menjadi perguruan tinggi pilihan utama di bidang IT dan Kewirausahaan.” (*Humas Udinus/NS. Foto: Dok. Humas Udinus)