KEMBANGKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DI BIDANG TEKNOLOGI, HM SISFO UDINUS GELAR INSCOM 2023 | UDINUS - Universitas Dian Nuswantoro

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HM Sisfo) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang beri wadah kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus untuk kembangkan kemampuan seputar teknologi serta menciptakan karya digital yang inovatif dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Hal itu dilakukan dengan ajang Information System Competition (Inscom) 2023, yang belum lama ini diselenggarakan.

Terdapat dua kategori lomba pada kompetisi tersebut yakni lomba data mining dan UI/UX design. Pada lomba data mining, peserta harus menyelesaikan studi kasus berkaitan dengan data yang sudah diberikan oleh panitia. Sementara itu, pada lomba UI/UX, peserta harus membuat desain UI/UX dari ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Inscom 2023 mengusung tema ‘Building a Creative Digital Economy and Social Life in The Era of Technology’.

Ketua HM Sisfo, Syafiq Insan Permana menyebutkan tema yang diusung itu sesuai dengan kondisi masa kini. Terutama karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal itu akan mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru setiap harinya.

“Sekarang, banyak aspek di kehidupan selalu bersinggungan dengan teknologi. Oleh karena itu, manusia harus bisa berinteraksi dan berkolaborasi dengan komputer,” ujarnya.

Ketua himpunan itu juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan lomba tersebut, terdapat dua tahapan yang harus dilewati peserta yakni babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilakukan dengan menyeleksi proposal peserta, lalu proposal yang lolos dipresentasikan pada babak final. Penilaian dilakukan oleh juri berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Dari segi mekanisme pelaksanaan kedua kategori lomba itu pun memiliki perbedaan.

“Kalau lomba data mining, dari penyisihan sampai final dilakukan secara online menggunakan media zoom. Sedangkan untuk lomba UI/UX design, penyisihannya online, tetapi finalnya offline di ruang kelas Gedung H lantai 4 Udinus Semarang,” jelasnya.

Dengan diselenggarakannya Inscom 2023 ini, Kaprodi S-1 Sisfo Udinus, Dr. Arry Maulana Syarif S.S, M.Kom., berharap himpunan mahasiswanya bisa terus memberikan kegiatna yang berkualitas, baik untuk mahasiswa Udinus maupun umum. Ungkapnya, mahasiswa FIK Udinus utamanya Prodi S-1 Sisfo dengan mengikuti ajang ini dapat lebih terampil dalam menghadapi kasus-kasus yang berkenaan dengan teknologi.

“Selain itu, semoga teman-teman mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat turut berpartisipasi dalam pengembangan teknologi di masa yang akan datang, dengan memberikan ide-ide inovatifnya untuk bangsa,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. HM Sisfo)