Implementasikan pembelajaran daring yang dikemas dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM), Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan (KSPSTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), gandeng  Prodi D-4 Film dan Televisi (FTV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Pada implementasi itu, nantinya Prodi dibawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus akan terlibat dalam produksi puluhan video microlearning Swakelola Tipe III. 
 
Dimulainya produksi video microlearning ditandai dengan penandatanganan antara KSPTSK Kemendikbud Ristek dengan Prodi D-4 FTV Udinus dilakukan di Jakarta pada awal Juni 2023 lalu. Pada proses penandatangan itu, Udinus diwakili oleh Ketua Prodi D-4 FTV Udinus, Dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom. Nantinya, 22 video tipe 1 (Talking Head + Ilustrasi), 12 video tipe 2 (Ilustrasi + Motion Graphics) dan 17 video tipe 2 (Pengadekan) akan diproduksi oleh prodi yang berdiri pada 2016 lalu.
 
PMM sendiri merupakan platform yang dikembangkan oleh Kemendikburistek dan tentunya menjadi teman penggerak untuk para pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Platform edukasi tersebut menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Saat ini, KSPSTK memerlukan sekitar lebih dari 900 video. 
 
Pada wawancaranya, Kaprodi D-4 FTV Udinus,  Dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom mengatakan bahwa keterlibatan Prodi D-4 FTV Udinus dalam mengimplementasikan pembelajaran daring di PMM merupakan penawaran dari Direktorat KSPSTK.  Penawaran itu diberikan kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki Program Studi Film dan Televisi atau Desain Komunikasi Visual yang memiliki peminatan pada perfilman. 
 
“Kami bangga Prodi D-4 FTV Udinus dapat lolos karena dari total 12 PTS yang masuk administrasi, hanya 7 PTS yang lolos dan salah satunya kami,” Kata Ruri  dalam wawancaranya. 
 
Ia mengungkapkan  bahwa luaran dari kegiatan ini berupa video dengan kualitas High-Definition (HD) yang akan diupload dalam PMM.  Para Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia akan mengakses dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran mereka.
 
“22 video yang rencananya kami produksi nantinya, memiliki nilai kontrak sebesar Rp 780 juta. Sementara itu, untuk jangka waktu produksi sekitar 6 bulan,” Ungkapnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)