Sebagai langkah nyata melestarikan lingkungan hutan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam Aldakanawaserta Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) turun ke lapangan dan melakukan penanaman puluhan bibit pohon. Kegiatan pelestarian alam itu dilakukan wilayah lereng Gunung Ungaran, Kota Semarang. 
 
Ketua UKM Aldakawanaseta Udinus, Nur Akhmad Rahmanto menerangkan bahwa lereng gunung ungaran dipilih karena memiliki aera observasi khusus. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak pengelola setempat untuk melakukan penanaman pohon puspa dan damar. 
 
“Selain untuk melestarikan lingkungan, kami juga sengaja melakukan penanaman di tempat observasi yang ada di lereng gunung ungaran. Dengan tujuan agar pengunjung dapat melihat tanaman yang ada tanpa masuk ke dalam hutan,” terangnya.
 
Tambahnya, total 50 anggota UKM Aldakawanaseta terlibat dalam kegiatan tersebut. Selain penanaman, mereka juga melakukan pendakian menyusuri lereng gunung yang berlokasi di Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Aktivitas itu menjadi hal yang rutin dilakukan oleh divisi Gunung Hutan yang dimiliki oleh UKM tersebut. 
 
“Tidak hanya divisi gunung hutan saja, kami juga memiliki dua divisi lain yakni susur goa dan panjat tebing. Setiap divisi akan memiliki aktivitas rutin masing-masing yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk mengembangkan minat bakat mereka,” tambah Nur Akhmad.
 
Secara terpisah, dosen pembimbing UKM Aldakawanaseta, Prof. Dr. St Dwiarso Utomo SE, M.Kom, Akt, CA., berharap kegiatan positif tersebut untuk melatih softskill mahasiswa. Softskill sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk beradaptasi di lingkungan masyarakat, salah satunya dengan melakukan kegiatan di luar kelas.
 
“Dengan membangun softskill tersebut menjadi bekal mahasiswa ketika lulus nanti. UKM Aldakawanaseta juga sebagai wadah bagi mahasiswa pecinta alam dan mahasiswa yang ingin mengembangkan bakatnya di ranah panjat tebing,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Aldakanawaseta)