Laboratorium komputer milik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) secara resmi mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikat itu menandakan laboratorium tersebut telah dipastikan memiliki sistem manajemen berkualitas dan tentunya telah sesuai standar internasional.

Sertifikat ISO itu diterbitkan langsung oleh PT. Yura Prima Solusindo dan diterima melalui Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus. Penyerahan tersebut dilakukan di ruang rapat gedung H lantai 1 Udinus pada Senin (27/11/2023). Sertifikat secara simbolis diterima oleh Dekan FIK Dr. Abdul Syukur, M.M. diberikan oleh Supervisor Consultant PT. Yura Prima Solusindo, Muhammad Alvian. Sertifikat itu diterbitkan oleh PT. Sucofindo melalui berbagai proses konsultan dan sertifikasi di tahun 2023 ini. 

Dekan FIK Udinus Terima Sertifikat ISO 9001 2015 Dari Supervisor Consultant PT. Yura Prima Solusindo
Dekan FIK Udinus Terima Sertifikat ISO 9001:2015 Dari Supervisor Consultant PT. Yura Prima Solusindo

Sertifikasi ISO 9001:2015 bukanlah sebuah tujuan akhir bagi peningkatan kualitas mutu sistem manajemen untuk laboratorium komputer. Melainkan tahapan awal sebagai upaya membentuk citra yang baik di lingkup Udinus. Sistem manajemen itu sudah memenuhi berbagai standar internasional. Standar itulah yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu. Hal itu sesuai yang dipaparkan oleh Supervisor Consultant PT. Yura Prima Solusindo, Muhammad Alvian.

“Kami berharap sertifikat ini tidak menjadi beban, tapi menjadi semangat baru bagi seluruh civitas academica Udinus untuk memajukan sistem manajemen yang sudah disahkan,” harapnya. 

“Selanjutnya adalah tugas tim laboran dan para dosen untuk mempertahankan sertifikat ini untuk tahun-tahun selanjutnya. Semoga bisa menjadi penopang bagi Udinus untuk mewujudkan salah satu trademark nya sebagai perguruan tinggi swasta IT terbaik,” tambah Alvian. 

Dekan FIK Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M., ucapkan terima kasih kepada seluruh bagian yang sudah bekerja keras untuk memperoleh sertifikat internasional itu. Ini sebagai komitmen yang ditujukan oleh Udinus dalam membangun sebuah standar mutu. Ungkapnya, sertifikat ini akan menjadi motivasi juga bagi bidang lainnya untuk membangun standar mutu internasional.  

“Setelah ini kami akan menargetkan untuk seluruh FIK agar memperoleh sertifikasi ISO juga. Karena sebagai fakultas terbesar di Udinus kami butuh adanya standarisasi yang kredibel. Hal itu akan memberikan manfaat tidak hanya untuk kampus tapi untuk mahasiswa juga,” tutupnya.  

Foto Bersama Seluruh Jajaran dan Tim Laboran Udinus
Foto Bersama Seluruh Jajaran dan Tim Laboran Udinus

Acara juga diisi dengan sesi diskusi yang di pandu oleh Wakil Dekan FIK Udinus Bidang SDM dan Umum, Affandy, Ph.D. Hadir dan ikut menyaksikan, Kepala Prodi S-1 Teknik Informatika Sri Winarno, Ph.D., Kepala Laboran Udinus Dr. Budi Harjo, M.Kom., dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Udinus Dr. Nova Rijati, S.Si., M.Kom. 

Serta beberapa dosen dan tim dari Laboran Udinus turut hadir menyaksikan prosesi penyerahan sertifikat. Begitu pula dengan tamu undangan, Sales dan Operasional Support Manager PT. Sucofindo Cabang Semarang, Edi Laksono. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)