Perjalanan Audy Nadya Shafa Talitha dalam memutuskan menekuni belajar makeup art hingga menjadi seorang content creator tidaklah mudah. Meski begitu, mahasiswi Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri tidak berkecil hati dan berhasil meraih tujuannya.

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), ia mengungkapkan sering dibully oleh teman-temannya terkait fisik. Namun, hal itu tidak membuatnya menjadi patah semangat. Sebaliknya, momen itu justru menjadi titik balik perempuan yang akrab disapa ‘Audy’ untuk mulai belajar.

“Dulu waktu masih di bangku SD dibully kayak jelek lah, item lah. Akhirnya saat menginjak bangku SMP memberanikan diri dan mulai benar-benar belajar makeup. Agar lebih terlihat ’cantik’ di mata orang lain,” akunya.

Perempuan kelahiran tahun 2004 itu menuturkan sudah mulai tertarik di dunia makeup sejak SD karena sering melihat sang ibu berdandan. Kemudian pada tahun 2018, ia melihat video di youtube milik Tasya Farasya, salah satu beauty influencer yang membuat konten tentang makeup. Sejak itulah ia mulai tertarik untuk membuat konten seiring dengan terus mempelajari makeup.

“Dalam proses belajar itu aku mulai posting di instagram. Awalnya untuk portofolio pribadi saja, tapi ternyata respon netizen kurang baik. Bagi mereka, aku tidak cukup cantik dan skill beauty makeup ku pada saat itu memang masih lemah. Sejak itu aku beralih ke makeup art atau makeup character saja,” paparnya.

Sebagai mahasiswa DKV, perempuan yang mencintai dunia makeup itu mengaku prodi yang ia ambil sekarang sangat mendukung dalam perjalanan karirnya. Hal-hal seputar kreativitas baik dalam komposisi gambar yang baik, maupun pencampuran warna, sejalan dengan kebutuhannya sebagai content creator makeup art.

“Selain itu di DKV saya juga akan diajarkan mata kuliah fotografi dan videografi. Hal itu sangat berguna untuk pembuatan konten saya menjadi lebih profesional,” lanjutnya.

Sukses Menjadi Konten Creator

Content creator adalah seseorang yang memiliki aktivitas pembuatan konten. Baik itu konten dalam bentuk tulisan, video, maupun fotografi. Hal itulah yang dilakukan oleh Audy dengan membuat konten foto makeup art. Ia memiliki keterampilan kreatif dalam menghasilkan konten yang bisa menarik untuk audiens di platform yang digunakan.

Audy Nadya Shafa Talitha Sebagai Content Creator Menunjukkan Kreatifitasnya Saat Lomba Makeup Art
Audy Nadya Shafa Talitha Sebagai Content Creator Menunjukkan Kreatifitasnya Saat Lomba Makeup Art

Selama menjadi content creator makeup, kendala yang dimiliki Audy adalah waktu. Terkadang banyak sekali ide, tetapi hanya sedikit yang bisa direalisasikan karena sedikitnya waktu yang ada. Ia masih mengelola semuanya sendiri. Mulai dari koordinasi dengan brand, makeup, filming, hairdo, drafting, dan memposting, sehingga harus pintar dalam membagi waktu.

Dengan ketekunan yang dimiliki Audy, kini gadis itu semakin bertumbuh. Ia memiliki lebih dari 23.000 followers di akun instagram pribadinya, yaitu @beauty_byaudy. Tidak hanya di instagram, bahkan akun tiktoknya @audynadya15 sudah memiliki 28.000 followers. Perempuan kelahiran Kediri itu juga beberapa kali menjuarai lomba face art.

“Pencapaian lainnya, saya juga bekerja sama dengan brand makeup, skincare, haircare, bodycare, bahkan menjadi brand ambassador untuk beberapa brand. Selain itu, saya juga diundang dalam beberapa event terkait bidang ini,” tutupnya.

Ke depannya, ia berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang dan memperluas kerja sama dengan brand-brand lain. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)