Bagi Ryhan Putra Samodra, menggabungkan seni dan teknologi dalam satu karya merupakan suatu kemampuan yang sangat memukau. Ketika menyadari bahwa videografi merupakan medium yang kuat untuk menyampaikan pesan dan memotret keindahan dunia, membuat mahasiswa program studi (prodi) S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri itu mulai tertarik dengan bidang tersebut.

“Saya mulai tertarik dalam bidang video dan seni visual sejak masa sekolah menengah. Pada awalnya, saya terpukau oleh kekuatan visual untuk menyampaikan cerita dan emosi yang mendalam,” tuturnya.

Selama menekuni bidang videografi, mahasiswa yang akrab disapa ‘Ryhan’ itu juga aktif berpartisipasi dalam berbagai perlombaan, baik di tingkat kota, maupun nasional. Sudah banyak gelar juara yang ia raih. Di antaranya Juara 1 Video Tourism GCC Batch 4 tingkat Jawa Timur, Juara 2 Creative Video Nasional UNESA 2023, Juara 1 Short Video Gen Z Radar Kediri 2023 tingkat kota, Juara 1 Vlog Bank Indonesia 2023 tingkat nasional, dan masih banyak lagi.

“Salah satu motivasi saya aktif mengikuti berbagai perlombaan karena rasa untuk terus berkembang meningkatkan keterampilan. Selain itu, saya ingin menantang diri untuk meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi,” terang mahasiswa angkatan 2022 itu.

Ryhan juga mengaku bahwa dalam proses produksi proyek-proyek film independent, ia menerapkan ilmu yang selama ini diperoleh di kampus. Hal ini juga sejalan dengan dirinya sebagai yang merupakan mahasiswa DKV dan bergabung dalam UKM Raganyala yang bergerak di bidang seni visual.

“Saya senantiasa berusaha menggabungkan teori dan praktik untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Universitas juga memberikan dukungan yang sangat baik melalui fasilitas, sumber daya, dan dukungan dosen,” jelasnya.

Selain sebagai mahasiswa, Ryhan juga mengisi kesibukannya dengan menjadi Pembina ekstrakurikuler film di SMAN 5 Taruna Brawijaya, Jawa Timur. Sekolah ini merupakan tempatnya menimba ilmu kala duduk di bangku menengah atas dahulu.

“Kesibukan ini memberikan saya peluang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman saya di bidang video kepada siswa-siswi. Ke depannya, saya berharap dapat terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya dalam bidang videografi. Saya ingin menjadi kontributor yang berarti dalam industri kreatif dan menginspirasi orang melalui karya-karya visual saya,” harapnya.

Mahasiswa yang hobi futsal dan fotografi itu berpesan kepada seluruh mahasiswa Udinus untuk terus mengejar passion. Tidak kalah penting juga untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada. Dari peluang inilah yang dapat dimanfaatkan untuk belajar dan berkembang.

“Ingatlah bahwa setiap tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh. Selalu terbuka terhadap hal baru dan jangan ragu untuk berbagi ide dan kolaborasi dengan teman-teman. Semangat untuk perjalanan kalian,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)