Theresia Viola Ratu Rosari Prasetyo – Mahasiswi Program Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Udinus

Memasak menjadi bidang yang disukai sekaligus ditekuni oleh Theresia Viola Ratu Rosari Prasetyo. Mahasiswi program studi (prodi) Pengelolaan Perhotelan angkatan 2021 itu sudah mempelajari bidang ini sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Ketertarikannya muncul karena terinspirasi dari orang tuanya yang juga mengelola usaha kuliner. Hal itu mendorong perempuan yang akrab disapa ‘Vira’ untuk menekuni bidang ini.

Latar belakangnya yang menyukai bidang kuliner dan bersekolah di bidang ini, akhirnya menuntunnya ke prodi Perhotelan. Mahasiswi kelahiran 2003 itu memilih prodi Pengelolaan Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sebagai wadahnya menimba ilmu dan mengembangkan diri. 

“Karena saya cenderung senang dengan ilmu memasak, saya rasa prodi Pengelolaan Perhotelan Udinus ini cocok dengan latar belakang saya,” ungkapnya.

Selama berkuliah di Udinus, Vira menjadi salah satu mahasiswa yang aktif baik dalam berorganisasi, maupun mencetak prestasi. Baru-baru ini, ia berhasil membawa kemenangan pada NHI Tourism Skill Competition (NTSC) 2023. Dengan siomai ayam yang disulap ala resto bintang lima, gadis itu berhasil meraih juara ketiga dalam ajang tersebut.

“Temanya adalah Indonesian appetizer, jadi saya buat hidangan ini. Terdapat beberapa komponen dalam satu sajian siomai seperti telur rebus, kol, siomai tahu, kentang, dan pare. Kemudian, saya hidangkan sesuai dengan hidangan makanan resto sehingga lebih cantik dan enak ketika dipandang mata,” jelasnya.

Mahasiswa FIB Udinus juara 3 di ajang NTSC) 2023 dengan masakan kaki lima
HARUMKAN NAMA KAMPUS Mahasiswa FIB Udinus juara 3 di ajang NTSC) 2023 dengan masakan kaki lima

Sebelum ini, Vira juga pernah memenangkan Student Culinary Competition di Hotel Dafam Jogja. Saat itu, ia bersama satu mahasiswa lain berhasil meraih juara 2 dengan menghidangkan mi laksa ubi ungu.

Aktif Berorganisasi

Mahasiswi yang memiliki kesukaan di bidang art and culinary ini juga aktif dalam organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di kampus. Di tahun pertamanya, ia bergabung sebagai anggota di Himpunan Mahasiswa Perhotelan. Di tahun keduanya, tepatnya pada semester 3, ia mendapat kepercayaan menjadi Wakil Ketua di organisasi tersebut.

“Pengalaman di organisasi ini membuat saya mendapat banyak relasi dan juga masukan yang membangun,” lanjutnya.

Lewat Bidang Kuliner, Theresia Viola Ingin Cetak Banyak Prestasi
PRAKTEK MEMASAK: Vira saat mengasah ilmu kulinernya ketika mengikuti kejuaraan

Dari segi akademis, ada salah satu pelajaran yang sampai sekarang masih Vira terapkan. Hal itu merupakan materi mengenai bidang kue dan metode efektivitas produksi.

“Itu semacam metode memasak yang memaksimalkan waktu luang dan efektivitas pemotongan bahan agar tidak terbuang terlalu banyak. Ilmu inilah yang selalu saya terapkan hingga sekarang,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya, generasi adik-adik tingkatnya dapat terus menggaungkannama perhotelan Udinus di mata pariwisata Indonesia. “Harapannya, dapat selalu mencetak prestasi-prestasi yang membanggakan,” tutupnya.