Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam giat Udinus Peduli menyalurkan ratusan bantuan bagi korban terdampak banjir di Kabupaten Demak dan Kudus. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Koordinator posko dapur umum Satbrimob Polda Jawa Tengah (Jateng), Iptu Suwarto di SPBU Wonoketingal Jalan Raya Demak Kudus, Karanganyar Kabupaten Demak pada Jumat, (16/02/2024).

Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk barang dengan jumlah lebih dari 5.000 item, terdiri dari makanan yang mudah diolah dan pakaian yang layak pakai. Diserahkan langsung kepada aparat terkait dan nantinya akan dibagikan ke posko-posko di area terdampak di kabupaten Demak dan Kudus.

Kepala Biro Umum (Bium) Udinus Sarju, SKom., MM., yang turun langsung ke lokasi terdampak di Karanganyar, Kabupaten Demak, menjelaskan bantuan tersebut adalah bentuk keprihatinan Udinus terhadap bencana banjir yang ada di Kabupaten Demak dan Kudus. Bantuan yang diberikan tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan para korban bencana banjir. Ungkapnya, telah hampir seminggu bencana banjir di salah satu kabupaten di Jateng tersebut belum juga surut.

“Tim Udinus yang terdiri dari perwakilan karyawan, dosen, dan mahasiswa telah diterjunkan dan bergerak cepat untuk menyalurkan langsung bantuan. Kami harap bencana ini segera berakhir dan masyarakat yang terdampak dapat beraktivitas dengan normal kembali,” harapnya.

Sebelumnya telah diberitakan, Dua Kabupaten di Jateng mengalami banjir  bandang yang disebabkan tanggul Sungai Wulan di perbatasan Kabupaten Demak dan Kudus jebol, sehingga berdampak terhadap sekitar ribuan warga karena rumah mereka terendam.

Banjir bandang yang melanda di dua kabupaten itu, telah berlangsung selama hampir satu minggu, hingga mengakibatkan 71 ribu warga mengungsi. Angka ini tercatat sebagai salah satu kejadian bencana dengan jumlah pengungsi terbanyak di awal tahun 2024. Total mereka yang terdampak banjir di Kabupaten Demak mencapai 18.700 keluarga atau 71.000 jiwa tersebar di 35 desa dan tujuh kecamatan, sedangkan warga mengungsi 11.400 orang tersebar di 10 tempat di Demak dan lima tempat di Kudus.

Bantuan Sangat Dibutuhkan

Ditemui di posko yang berada di SPBU Wonoketingal Karanganyar, Kabupaten Demak, Koordinator posko dapur umum Satbrimob Polda Jateng, Iptu Suwarto mengatakan bantuan-bantuan dari masyarakat bagi korban bencana banjir di Kabupaten Demak, masih sangat diperlukan oleh mereka. Saat ini, masyarakat silih berganti untuk mendatangi posko yang berada di SPBU Wonoketingal jalan raya Demak-Kudus. Ia pun mengungkapkan rasa terima kasih untuk bantuan yang diberikan oleh Udinus.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan Udinus dan akan kami distribusikan segera ke masyarakat yang terdampak. Bantuan-bantuan semacam ini memang kami butuhkan, seperti makanan mudah diolah dan berbagai pakaian yang layak,” ungkap Iptu Suwarto.

PERAN MAHASISWA: Secara simbolis salah satu mahasiswa dari UKM Aldakanawaseta Udinus saat memberikan bantuan kepada koordinator posko dapur umum Satbrimob Polda Jateng di Demak-Kudus

Sementara itu, warga Wonorejo, Karanganyar, Siti Puriah mengatakan dirinya dan keluarga masih mengungsi dikarenakan rumahnya masih terendam banjir. Sampai saat ini, banjir di tempat tinggalnya masih tinggi lebih dari 1,5 meter. Bantuan-bantuan yang diberikan seperti bantuan dari Udinus mampu meringankan kesulitan yang dirasakan oleh para korban banjir.

“Sampai saat ini, banjir di tempat tinggal saya masih tinggi lebih dari 1,5 meter atau sedada orang dewasa. Sudah mulai surut namun tidak signifikan. Bantuan-bantuan sejauh ini sudah berdatangan,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)