Dua Karya Penelitian Milik Fakultas Teknik Udinus Ikuti Pameran Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2024

[Sassy_Social_Share]

Dua Karya Penelitian Milik Fakultas Teknik Udinus Ikuti Pameran Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2024

[Sassy_Social_Share]

Karya dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Uniersitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses ikuti Pameran Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2024. Kegiatan yang diusung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) itu mempertemukan karya dan produk dalam negeri dari seluruh Indonesia, beberapa pekan lalu. 

Dalam kesempatan itu, Udinus mengenalkan produk penelitian kedaireka dari FT Udinus berupa logam kaki palsu. Serta inovasi milik mahasiswa Program Sarjana Teknik Biomedis Udinus, yaitu silicone partial foot prosthetic (SPFP). Pameran pun diselenggarakan di The Menu Sanur, Denpasar, Bali dan berlangsung selama 4 hari pada 4-7 Maret 2024. 

Merry Sonia Subiantoro yang merupakan tim pembuat SPFP menjelaskan bahwa stand milik Udinus cukup diminati berbagai pengunjung pameran. Pengunjung itu terdiri dari instansi pemerintah, swasta, maupun BUMN dari berbagai wilayah di Indonesia. Seperti dari Bali, Malang, Padang, hingga Manado. 

“Tercatat ada lebih dari 30 pengunjung yang hadir mengunjungi stand kami. Senang rasanya bisa berpartisipasi di salah satu exhibitor Kemenperin. Harapannya produk milik FT Udinus bisa dikenal oleh masyarakat luas,” ungkapnya.

SPFP merupakan inovasi yang diperuntukan bagi penyandang disabilitas yang mengalami telapak kaki yang tak utuh. Hal itu bisa dikarenakan kelainan kongenital maupun amputasi karena kecelakaan. 

Proses pembuatannya memanfaatkan teknologi 3D untuk pengambilan data. Kemudian kaki palsu dicetak menggunakan 3D printer untuk mendapatkan hasil yang akurat. Dengan bahan menggunakan silikon, alat bantu dapat menyesuaikan warna dan bentuk pasien. Serta bisa didesain semirip mungkin dengan pengguna agar lebih percaya diri saat menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari.

Mendapat Regonisi

Pameran yang mempertemukan karya dan produk dalam negeri itu sebagai salah satu upaya pemerintah menuju Indonesia emas. Pada kesempatan itu hadir pula Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., dan Menteri Perindustrian, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. 

Sementara itu, Dosen Pendamping Dita Ayu Mayasari, S.T., M.Biotech., mengaku bahwa ini merupakan kesempatan bagus bagi mahasiswa untuk mendapat pengalaman baru. Dalam pameran itu mereka bisa melihat produk-produk dari sektor lainnya. Serta membangun koneksi baru dengan berbagai instansi. 

“Dengan begini karya milik mahasiswa FT Udinus bisa di regonisi oleh instansi maupun sektor lainnya. Sehingga akan muncul ide baru maupun kerja sama untuk terus meningkatkan produk mereka,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Diktiristek)