Bulan suci Ramadan menjadi bulan kebaikan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Selama satu bulan penuh, salah satu kebaikan yang diberikan oleh Universitas Dian Nuswantoro yaitu pembagian takjil untuk seluruh civitas academicanya.

Momen pembagian takjil juga sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang menjalankan ibadah puasa. Ditemui usai mendapatkan takjil, Dianna Yanuaresta salah satu mahasiswi Program Sarjana Sistem Informasi Udinus mengaku merasa terbantu dengan adanya takjil.

Ini sangat membantu, apalagi buat saya yang ngekos dan belum sempat cari makanan untuk berbuka puasa. Menunya juga bervariasi dan rasanya juga enak,” kata mahasiswi asal Tegal itu.

Sementara itu, mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komunikasi asal Kendal, Devi Septi Wulansari mengaku adanya menu berbuka dari Udinus bisa menghemat uang jajan. Dengan stok yang disediakan oleh Udinus, ia tidak pernah kehabisan stok setiap harinya.

“Menurut saya stok yang disediakan Udinus sudah cukup untuk mahasiswa yang notabennya ngekos. Seringkali saya antri dengan teman-teman satu angkatan, untuk antrinya tidak terlalu lama dan rapi jadi seru,” imbuhnya.

Pada Gema Ramadan 1445 Hijriah di tahun 2024, Udinus membagikan 1.000 takjil setiap harinya. Makanan tersebut disediakan di dua masjid yang ada didalam lingkungan kampus Udinus. Yakni Baitul Ilmi dan Baitul Muttaqin. Kegiatan itu diinisiasi dan dikoordinasikan oleh Pusat Aktivitas Muslim (PAM) Udinus.

“Takjil ini rutin kami sediakan setiap tahunnya untuk membantu civitas academica dalam mencari makan berbuka,” ungkap Ketua PAM Udinus, Edy Mulyanto, S.Si., M.Kom. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)