Kunjungi Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Puluhan Siswa SMK Dibuat Takjub Oleh ‘Si Warik’

[Sassy_Social_Share]

Kunjungi Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Puluhan Siswa SMK Dibuat Takjub Oleh ‘Si Warik’

[Sassy_Social_Share]

Puluhan siswa SMK dibuat takjub oleh Program Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bagikan cerita proses pembuatan film ‘Si Warik’. Kegiatan tersebut diawali dengan screening film short movie animasi Si Warik berjudul ‘Ladang Terakhir’.

Film yang berdurasi sekitar 15 menit tersebut mampu memukau seluruh siswa dari SMK 11 Semarang dan SMK Muhammadiyah 1 Semarang. 80 siswa yang hadir dibuat takjub oleh animasi yang sepenuhnya dikerjakan oleh dosen, alumni dan mahasiswa Udinus. Usai menonton, seluruh siswa SMK melakukan kunjungan ke studio Animasi yang berlokasi di Gedung H lantai 4.

Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom., menyambut baik kedatangan dari siswa-siswi SMK di Semarang. Ungkap Khafiizh, saat ini ada beberapa siswa dari SMK tersebut yang melakukan magang di studio animasi. Mereka bahkan ikut berkontribusi dalam proses pembuatan ‘Si Warik’.  Kunjungan kali ini, juga sebagai langkah Program Sarjana Terapan Animasi dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman para siswa mengenai dunia animasi.

“Kegiatan kami kemas dengan nama ‘Goes to Campus’, untuk mengenalkan dunia animasi kepada siswa sejak duduk di bangku SMK. Kami harapkan para siswa bisa termotivasi untuk terus mendalami dunia animasi. Siswa-siswa juga melakukan tester game ‘Si Warik Adventure’ merupakan karya terbaru kami,” jelasnya.

‘Si Warik’ Film animasi karya Udinus yang menyisipkan berbagai pelajaran di dalamnya, terdapat tiga tokoh utama yakni Dian, Warik dan Endog. Dalam film itu, Dian digambarkan sebagai anak perempuan yang berambut biru, berpakaian biru dan berkacamata. Nama Dian Sendiri diambil dari nama Universitas Dian Nuswantoro tempat animasi itu diproduksi.

Sementara itu, Warik digambarkan sebagai anak laki-laki yang memakai baju dan topeng Warak Ngendog yang berwarna merah. Sedangkan, Endog sendiri digambarkan sebagai robot yang berbentuk seperti telur, dapat terbang dan tentunya ia memiliki kecerdasan dan mengetahui berbagai hal layaknya mesin pencari.

Apresiasi Karya Animasi

Dalam wawancaranya, Salah satu guru animasi SMK Negeri 11 Semarang, Novita Handayani, S.Pd., mengaku takjub dan mengapresiasi karya animasi dari Udinus yang berjudul ‘Si Warik’. Animasi tersebut menurut dia, memiliki detail yang luar biasa. Ia pun berharap animasi ‘Si Warik’ terus dikembangkan dan memiliki banyak episode.

“Kami tadi bersama siswa sudah melakukan screening film, filmnya bagus dan hebatnya mampu menggabungkan 2D dan 3D di satu film animasi. Selain itu, cerita yang disuguhkan pun mendidik bagi para penontonnya,” ungkap Novita selepas nonton bareng film ‘Si Warik’. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)