Berhasil menerbitkan artikel di jurnal internasional tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi mahasiswa. Begitu juga yang dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Petter Hans Heavenly.

Artikelnya yang berjudul ‘The Journalist’s Affect on Natural Disaster of CNN Online News: Appraisal Perspective’ berhasil terbit pada jurnal International Virtual Conference on Language and Literature Proceeding (IVICOLL) 2023 Vol.3 baru-baru ini. Artikel tersebut mengangkat topik penelitian tentang Linguistik Terapan.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui objektivitas seorang penulis berita bencana alam yang dibataskan dari penggunaan kata yang mengandung unsur perasaan atau emosi,” jelas mahasiswa Program Sarjana Bahasa Inggris yang akrab disapa ‘Petter’ itu.

Petter mengungkapkan bahwa melalui penelitian itu, ia ingin berkontribusi memberikan kebaharuan di bidang keilmuan, khususnya Linguistik.

Dalam penelitiannya, mahasiswa yang juga merupakan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) itu juga berkolaborasi dengan beberapa dosen Bahasa Inggris yang mendalami ilmu linguistik.

Dalam proses penyusunannya, ia menyebutkan terdapat tahap-tahap yang dilakukan. Mulai dari menentukan tema, perumusan masalah, hingga proses pengumpulan data.

“Setelah menentukan tema dan rumusan masalah, selanjutnya yang dilakukan ialah membuat metodologi penelitian dan menentukan Grand Theory sebagai landasannya. Kemudian membandingkan dengan penelitian terdahulu yang sudah ada untuk membuat pengembangan dari celah penelitian sebelumnya. Setelah itu, masuk ke proses pengumpulan dan analisis data, lalu menyusun hasil penelitian,” jabarnya.

Selama proses penelitian hingga publikasi artikel jurnal, mahasiswa kelahiran tahun 2003 itu mengaku selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbingnya.

Mahasiswa kelahiran Semarang itu bercerita ada 2 artikel penelitiannya yang baru-baru ini terbit. Selain yang disebutkan di atas, satu yang lainnya merupakan kolaborasi dengan kakak tingkatnya dengan judul The Journalist’s Objectivity on Barack Obama’s India Muslims Rights’

“Dalam kedua artikel tersebut, dosen pembimbing saya ialah Dr. Setyo Prasiyanto Cahyono, S.S., M.Pd. Saya berkonsultasi terkait persiapan mengikuti Seminar Conference, seperti mencari kesempatan conference dan publikasi yang saya buat. Selain itu juga menyiapkan bahan untuk dipresentasikan, dan melakukan revisi yang diperlukan,” lanjutnya.

Selain dua artikel tersebut, masih ada dua artikel lainnya yang disusun oleh perwakilan mahasiswa berprestasi dari Universitas Dian Nuswantoro itu. Dua artikel tersebut berjudul ‘Hedging in Emma Watson’s Speech about Gender Equality’ dengan dosen pembimbing Dr. Sri Mulatsih, Dra. M.Pd., dan ‘We are Start Go to Bali at 7.30 a.m: Error Analysis on Students Recount Writing’ dengan dosen pembimbing Nina Setyaningsih, S.S., M.Hum.

Selama menimba ilmu di Udinus, mahasiswa yang aktif di kampus itu mengaku menemukan banyak pengalaman dan ilmu baru. Baik itu dari proses pembelajaran bersama dosen, maupun melalui proses sosialisasi dengan teman-temannya.

“Saya sangat bersyukur bisa berkuliah di Udinus karena banyak pengalaman dan ilmu baru di kampus ini. Udinus bisa menjadi wadah untuk berkembang, misalnya melalui perkuliahan, organisasi, UKM, pertemanan, dan lain-lainnya,” akunya.

Mahasiswa yang memiliki akun instagram @petthans_ itu mengajak teman-teman mahasiswa untuk turut aktif dalam kegiatan perkuliahan dan memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Mari aktif di kampus untuk mengoptimalkan semua kompetensi dan mengeksplorasi talenta-talenta baru,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)