Investasi pada usia muda dapat mengoptimalkan kesempatan untuk menyiapkan masa depan yang sejahtera. Hal itulah yang dilakukan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melalui kegiatan Goes to School ke SMA Karangturi Semarang.

Tema yang diusung ‘Young Investor: A First Step for Golden Future’ sejalan dengan tujuannya, mengajak generasi muda untuk mengambil langkah pertama menuju keberhasilan finansial jangka panjang. Pada kesempatan itu, kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Nasional Karangturi, Dr. Susena, M.Pd., dan Dekan Fakultas Ekonomi (FEB) Udinus, Dr. Retno Indah Hernawati, SE, M.Si. Kegiatan diikuti oleh 674 siswa dan berlokasi di Aula pada Senin (29/4/2024) pekan lalu.

Ketua Pelaksana dari KSPM Udinus, Prasada Agra Swastyayana, menegaskan bahwa investasi dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan. Keuntungan itu akan lebih terasa ketika dilakukan sejak dini. Karena akan ada pertumbuhan dan akumulasi kekayaan seiring berjalannya waktu.

“Goes to School ini bertujuan mengajak anak muda untuk mulai belajar tentang berbagai instrumen investasi. Mulai menumbuhkan kebiasaan pengelola keuangan dengan baik. Hingga membangun pondasi keuangan yang kuat untuk modal di masa depan,” terangnya.

Siswa juga diajarkan memanfaatkan konsep compunding, yakni pendapatan investasi yang diinvestasikan kembali sebagai pendapatan tambahan. Serta beberapa langkah berinvestasi dari mulai pengenalan, strategi hingga langkah jangka panjang yang harus diambil. Materi itu disampaikan oleh Yohanes Imanuel Kurniawan selaku Ketua Umum KSPM Udinus.

Materi lainnya terkait sosialisasi penggunaan aplikasi IDX Mobile juga dipaparkan oleh Senior Officer dari bursa efek Indonesia kantor perwakilan Jawa Tengah 1, Akhmad Nuryanto. Seperti penjelasan fitur dan manfaatnya sebagai aplikasi resmi untuk melakukan investasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Beberapa kemudahan yang ditawarkan tentu sangat efektif untuk dipelajari anak muda. Seperti akses informasi pasar modal yang dapat diakses kapan saja, transaksi yang lebih aman, dan masih banyak edukasi tentang investasi lain di dalam aplikasinya,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. KSPM Udinus)