Udinus Gelar Festival Bunkasai untuk Kenalkan Kebudayaan Jepang kepada Masyarakat Indonesia | UDINUS - Universitas Dian Nuswantoro

Himpunan Mahasiswa Program Sarjana Sastra Jepang (Hikari) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar festival budaya Jepang bertajuk Bunkasai. Acara yang berlangsung pada 21-22 Juni 2024 ini diselenggarakan di Halaman Gedung G dan H Udinus. Bunkasai secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M.

Dalam sambutannya, Dr. Kusni Ingsih mengungkapkan apresiasinya terhadap pelaksanaan Bunkasai yang setiap tahunnya menunjukkan peningkatan signifikan, baik dari jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 1.000 tiket yang terjual secara online, maupun dari segi kemeriahan acara. Ia menekankan pentingnya acara ini sebagai wadah bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dan mendalami kebudayaan Jepang secara langsung.

“Ini menjadi momen berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill mereka. Tradisi-tradisi di Jepang seperti tarian Soran Bushi mampu menjadi ilmu bagi pengunjung yang hadir di Bunkasai kali ini. Kegiatan ini selalu dinanti-nanti oleh para mahasiswa maupun masyarakat luas,” ujar Dr. Kusni Ingsih.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa Bunkasai Udinus merupakan salah satu festival Jepang yang terkenal di tingkat nasional. Festival ini telah diadakan sejak tahun 2009 dan selalu menyajikan sesuatu yang baru setiap tahunnya.

“Semua ini tidak dapat terwujud tanpa dukungan dari semua pihak yang sudah berkontribusi pada Bunkasai kali ini. Semoga setiap tahunnya bisa menampilkan penampilan dan juga bintang tamu yang lebih keren lagi,” ungkap Raden Arief.

Kehadiran cosplayer nasional, Nekonoi Katsu, menjadi salah satu penampilan yang paling dinantikan oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung juga dihibur dengan berbagai pertunjukan seperti Bunka Performance yang menampilkan Soran Bushi hingga omikoshi.

Lomba Bunkasai

Tak hanya pertunjukan, Bunkasai juga menyuguhkan berbagai lomba yang dapat diikuti oleh peserta, seperti Dance, Seiyuu, Fanart, Coswalk, Coscomp, Anisong, dan Lomba Band. Puluhan stand juga turut meramaikan festival ini, menjadikan Bunkasai 2024 semakin semarak dan menarik.

Bunkasai Udinus menjadi sarana bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk tidak hanya belajar tentang bahasa dan budaya Jepang secara teori, tetapi juga mengimplementasikannya langsung melalui berbagai aktivitas yang disajikan.

Dengan adanya acara seperti Bunkasai, diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan mendalami kebudayaan Jepang, serta menjalin hubungan yang lebih erat antara kedua negara. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)