Program Studi (Prodi) S-1 Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Kegiatan itu rencananya akan diselenggarakan di awal bulan Desember 2023 mendatang. Tes itu dibuka untuk umum bagi peserta dari dalam maupun luar negeri.

Prodi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus itu memang sudah rutin menjadi tuan rumah JLPT. Udinus selalu menjadi langganan tuan rumah sejak tahun 2017 lalu. Kali ini tidak hanya mewakili untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng) saja, melainkan untuk seluruh Indonesia. Seleksi akan dilaksanakan di beberapa gedung di lingkup kampus. Antara lain di gedung G, gedung H, gedung C serta gedung D, pada Minggu, 3 Desember 2023.

Bendahara Pelaksana JLPT Desember 2023, Pipiet Furisari, S.S., M.Pd., menjelaskan bahwa tes tersebut dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Saat ini tercatat peserta yang terdaftar sesuai dengan kuota yang disediakan yaitu 1.500 peserta. Mereka dapat memilih salah satu dari 5 level yang ditawarkan yaitu N5 sampai N1. Keterangan itu ia berikan saat menjadi narasumber pada program talkshow campus corner, beberapa waktu lalu.

“Ujian ini untuk memfasilitasi para pengguna bahasa Jepang yang ingin meningkatkan kualifikasi mereka. Baik itu untuk bidang akademik maupun untuk persiapan karier. Udinus sudah rutin dipercaya menjadi tuan rumah karena memiliki sarana dan prasarana yang sesuai klasifikasi” ujarnya.

“Perbedaan level sesuai dengan tingkat kesulitannya, N5 merupakan yang paling mudah dan N1 yang paling sulit. Level tertinggi bisa dikatakan peserta harus fasih membaca koran berbahasa Jepang,” tambah Pipiet Furisari, S.S., M.Pd.

JLPT merupakan ujian sertifikasi internasional kemampuan bahasa Jepang. Kegiatan itu diselenggarakan oleh pemerintah Jepang melalui badan yang disebut Japan Foundation. Ujian pun diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia, pada hari Minggu setiap bulan Juli dan Desember. Informasi mengenai pendaftaran dapat diperoleh di https://jlptonline.or.id/ dan dapat melihat melalui kanal youtube The Japan Foundation, Jakarta.

Peluang Magang di Jepang

Pada talkshow yang berlokasi di studio TVKU itu juga dihadiri oleh mahasiswa Peserta Internship Jepang, Imam Winno Saputra. Ia bercerita tentang pengalamannya berhasil lolos di ujian JLPT di Udinus pada bulan Juli 2023 lalu. Saat itu ia mengambil evel N2 yang bisa dikatakan mendekati level tersulit. Ungkapnya, waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri sekitar 5-7 bulan.

“Menurut saya belajar bahasa jepang susah atau tidaknya tergantung dari pribadi masing-masing. Ketika kita sudah menyukai budayanya, makan akan lebih enjoy untuk mempelajari bahasanya,” ungka Mahasiswa Prodi S-1 Sastra Jepang Udinus itu.

Salah Satu Mahasiswa Udinus Yang Lolos JLPT Sebagai Narasumber di Program Campus Corner TVKU

Imam juga berhasil lolos mengikuti program magang berkat sertifikasi JLPT yang telah ia kantongi. Magang ke negeri Jepang itu akan diikutinya selama satu tahun penuh dimulai pada bulan maret 2024 mendatang. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)