Sebanyak 15 tim mahasiswa di bawah bimbingan UPT Kewirausahaan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), dapatkan pendanaan pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Mahasiswa nantinya dapat mengembangkan dan mendapat pembinaan sesuai proposal, melalui dana yang diberikan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek.

Secara rinci dari 15 tim tersebut, 8 diantaranya dari Udinus Semarang. Sedangkan 7 proposal lain dari Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Kediri.

Pendampingan serta pelatihan usaha akan didapatkan oleh para mahasiswa yang tergabung ke dalam 15 tim yang telah mengajukan produknya ke dalam proposal. Mahasiswa itu tersebar dari berbagai program studi, di Udinus.

Salah satu Dosen Pendamping, Galuh Wilujeng Saraswati, M.Cs., menjelaskan bahwa proposal dari mahasiswa yang berhasil terpilih terbagi  menjadi beberapa kategori. Kategori tersebut antara lain, Bisnis Digital, budidaya, Industri kreatif, Seni Budaya dan Pariwisata, Jasa dan Peradangan, Makanan dan Minuman serta Manufaktur dan Teknologi Terapan.

“Adapun kategori yang saya bimbing yakni Bisnis Digital. Kami berikan pendampingan hingga menghasilkan produk akhir,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Kewirausahaan Udinus, Dr. Nila Tristiarini, S.E., M.Si., CSRA., ungkapkan rasa bangganya atas capaian dari 15 tim mahasiswa Udinus. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Prestasi yang diraih oleh para mahasiswa diharapkan mampu menjadi tahap awal menjadi seorang wirausahawan.

“Sesuai dengan moto dari Udinus yakni technopreneurship, selain memberikan ilmu di dalam kelas. Kami juga mendorong mahasiswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang berbau wirausaha seperti P2MW ini,” tutupnya. 

Prestasi yang ditorehkan oleh 15 tim mahasiswa di P2MW menjadi prestasi langkah Udinus dalam mengarahkan mahasiswanya menjadi seorang Entrepreneur. (Humas Udinus/Alex. Illustrasi: Humas Udinus)

Berikut judul proposal P2MW milik mahasiswa Udinus yang berhasil lolos dari Udinus Semarang dan Kediri: