Sebanyak 70 aktivis yang juga merupakan ketua umum organisasi mahasiswa (ormawa) periode 2024/2025 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengikuti Refreshing Kepemimpinan 2024. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan (Bima), bertempat di Bumi Perkemahan Kebun Pala, Kabupaten Semarang.

Refreshing Kepemimpinan berlangsung selama 3 hari, yakni pada Jumat, 11 Oktober 2024 hingga Minggu, 13 Oktober 2024. Dibalut dalam konsep tracking, yang mana setiap posnya memiliki misi yang berbeda-beda. Pada kesempatan tersebut, peserta diajak untuk merefleksikan diri dan meningkatkan pengamalan pancasila dalam berorganisasi. 

Kegiatan tersebut menjadi salah satu agenda rutin yang digelar setiap awal periode. Tidak hanya diikuti oleh ketua umum baru, ketua umum periode sebelumnya juga turut berpartisipasi sebagai panitia penyelenggara. 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., menyampaikan bahwa Refreshing Kepemimpinan ini penting dilakukan untuk menyatukan seluruh organisasi mahasiswa yang ada di Udinus. Selain itu, juga dapat sebagai ajang transfer ilmu antara pemimpin organisasi yang lama ke yang baru.

“Yang namanya kepemimpinan akan selalu bergulir. Harapannya, apa yang kurang di periode lalu, dapat diperbarui dan diperbaiki,” jelasnya.

Lebih lanjut, beliau menyebutkan bahwa kegiatan ini juga  dapat melatih keterampilan berkomunikasi, bekerja secara tim, hingga membentuk karakter dan leadership. Hal ini dikarenakan peserta bekerja secara berkelompok selama kegiatan berlangsung. Itulah yang juga akan dilakukan selama satu periode menjalankan organisasi. 

“Kebersamaan ini, mari kita bawa sampai ke kampus. Mari kita berikan kontribusi, sama-sama membesarkan nama Udinus melalui organisasi kemahasiswaannya. Sekecil apapun, tapi lakukan dengan penuh cinta, hasilnya akan luar biasa. Kemahasiswaan selalu siap untuk berdiskusi dengan adik-adik aktivis semua,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Kemahasiswaan)