Perawatan sepatu mungkin menjadi hal yang tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Padahal, sejatinya penting untuk menjaga sepatu tetap awet, menjaga kebersihan dan memperindah penampilan. Menyoroti hal itu, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menghadirkan solusi praktis dalam pembersih sepatu dengan nama brand ‘Baswara’.
Baswara merupakan usaha perawatan sepatu yang menawarkan kepraktisan yaitu berupa pembersih sepatu dan parfum sepatu. Adanya varian pembersih menjadi satu hal yang membedakan brand milik Mahasiswa Udinus tersebut dengan brand lain yang serupa.
Bisnis yang dipimpin oleh mahasiswa Udinus bernama lengkap Emmanuel Nanda Lintang Samudra itu juga menghadirkan inovasi cleaner foam.
“Foam inilah yang membedakan cleaner Baswara dengan yang lain. Belum banyak yang bikin cleaner foam. Dengan cleaner foam, tinggal disemprot saja lalu akan kering kurang lebih 15 menit,” jabar mahasiswa Diploma Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) itu.
Produk Baswara diracik secara mandiri dengan bahan-bahan berkualitas yang diolah langsung oleh Emanuel bersama timnya. Berkat resep dari sang ibu yang memang merupakan ahli kimia, Baswara dapat menjadi pembersih sepatu yang efektif dan aman tanpa merusak bahan sepatu.
“Selain menjual produk, kami juga menjual jasa perawatan sepatu. Lahirnya Baswara juga terdorong dari cukup tingginya minat pasar untuk jasa perawatan sepatu,” lanjutnya.
Omzet Hingga 2 Digit
Harga yang dipatok untuk produk Baswara cukup terjangkau. Mulai dari 17 ribu rupiah untuk parfum sepatu ukuran kecil, 20 ribu rupiah untuk cleaner biasa, sedangkan cleaner foam dipatok dari harga 25 ribu rupiah.
Sudah berjalan selama satu tahun, brand Baswara semakin berkembang. Emmanuel bahkan mengungkapkan omzet yang didapat bisa mencapai 2 digit.
“Strategi marketing yang kami gunakan selama setahun ini dominannya menggunakan online shop yaitu Tiktokshop dan Shopee dengan nama baswara.smg. Meskipun masih naik turun juga, saya dengan tim harus tetap rajin membuat konten,” ujarnya.
Selain memanfaatkan online shop dan media sosial, Emmanuel dan tim juga mengikuti expo untuk memasarkan produk mereka. Salah satunya melalui Creannovative Expo yang digelar oleh UPT Kewirausahaan Udinus. Ia berharap, produk perawatan sepatunya semakin dikenal oleh banyak orang.
“Selain biar orang-orang lihat ada produk perawatan sepatu yang praktis dari Baswara, harapannya orang-orang jadi lebih aware untuk merawat sepatunya,” tutupnya (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)