Tiga mahasiswa dari dua Program Sarjana di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kini menempuh pendidikan selama 6 bulan di Universitas Split Kroasia. Ketiganya belajar sesuai dengan prodi yang ditempuhnya di Udinus.

Dua mahasiswa dari Program Sarjana Teknik Informatika (TI) yakni Nauval Dwi Primadya dan Sahrul Yudha Fahrezi. Sementara dari Program Sarjana Akuntansi yakni Riz Yudha Tama. Sebelumnya berangkat ke Kroasia,  mereka harus memenuhi beberapa persyaratan dan tes yang diberikan oleh Program Studinya masing-masing. Mereka juga mampu menyisihkan puluhan mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti pertukaran pelajar di luar negeri.

Pada wawancaranya, Naufal Dwi Primadya mengaku senang mampu lolos dan terpilih untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di negara Kroasia. Riset bersama dengan profesor di Universitas Split Kroasia menjadi sesuatu yang diidam-idamkan oleh Nauval  selama menempuh Pendidikan di Udinus. Menurutnya hal itu menjadi pengalaman berharga bagi dirinya. Belajar di Universitas Split Kroasia beberapa minggu ini, ia mendapatkan banyak sekali pengalaman yang berharga.

“Kesempatan yang luar biasa bagi saya bisa menempuh pendidikan di Universitas Split Kroasia. Di tempat ini saya bisa melakukan riset bersama dengan profesor yang luar biasa. Saya tak akan menyiakan kesempatan yang berharga ini,” kata Nauval.

Sementara itu, Mahasiswa dari Program Sarjana Akuntansi, Riz Yudha Tama menempuh perkuliahan di bidang ilmu  Akuntansi di Universitas Split, Kroasia merupakan hal baru baginya. Selain itu, ilmu-ilmu yang diberikan oleh dosen di universitas tersebut, membuka dan menambah wawasannya mengenai bidang akuntansi. Ungkapnya,  keinginannya mengikuti program pertukaran itu, dikarenakan penasarannya terhadap perkuliahan pada bidang akuntansi di universitas luar negeri.

“Saya ikut program ini, juga ingin memperdalam ilmu akuntansi saya. Kalau persiapan, tak terlalu banyak ya hanya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saja. Disini saya belajar mendalam mengenai dunia akuntansi dan banyak ilmu-ilmu baru yang ia dapatkan,” jelasnya.

Pesan Pelepasan

Sebelum berangkat ke Kroasia dan menempuh Pendidikan di Universitas Split, ketiga mahasiswa meminta restu kepada Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Ketiganya diterima meminta restu di Ruang Rapat Rektorat Gedung G lantai 1 Udinus.

Dosen Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi Udinus, Naiza Rosalia, M.Si., yang sempat mengantarkan ke Kroasia, ia mengucapkan selamat dan berbangga dengan ketiga mahasiswa Udinus.  Ia berharap ketiganya mampu mengikuti perkuliahan secara baik dan mampu meningkatkan kemampuannya di bidangnya masing-masing.

“Saya Harap mahasiswa tak  menyiakan kesempatan yang berharga ini. Pesan saya kepada seluruh mahasiswa, agar mengambil berbagai ilmu yang ada di sana. Mereka terlihat semangat untuk mengikuti pertukaran pelajar ini,” tutupnya.

Naufal, Riz dan Syahrul mengikuti pertukaran pelajar berkat program kerja sama antara Udinus dengan Universitas Split Kroasia. Program yang mereka ikuti tersebut bernama Erasmus+ 2024. Sesaat setelah sampai di Kroasia, ketiga menyempatkan diri untuk mengunjungi Universitas Split dan berbincang dengan para dosen dan profesor di universitas tersebut. Mengenakan jaket tebal, Naufal dan rekan-rekannya menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat terkenal di negara Kroasia. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)