Udinus Kirim Bantuan ke Posko Demak, Rektor Udinus: Semoga Banjir Segera Usai dan Masyarakat Kembali Beraktivitas Normal!

[Sassy_Social_Share]

Udinus Kirim Bantuan ke Posko Demak, Rektor Udinus: Semoga Banjir Segera Usai dan Masyarakat Kembali Beraktivitas Normal!

[Sassy_Social_Share]

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menyalurkan ratusan bantuan bagi korban terdampak banjir di Kabupaten Demak. Penyaluran bantuan tersebut diwujudkan dalam kegiatan bernama ‘Udinus Peduli’ dengan memberangkatkan dosen dan mahasiswa.

Bantuan diwujudkan dalam bentuk barang dengan jumlah lebih dari 5.000 item. Terdiri dari makanan yang mudah diolah dan pakaian yang layak pakai serta selimut. Diserahkan langsung kepada koordinator posko yang berada di dapur umum Kementerian Sosial di Kantor Desa Ngaluran, Demak. Bahan-bahan tersebut nantinya akan diolah dan didistribusikan ke berbagai posko di area yang terdampak banjir.

Selain itu, ratusan bantuan makanan untuk berbuka puasa, juga dibagikan Udinus di Posko Gedung IPHI Gajah Demak. Setiap posko diisi ratusan warga yang mengungsi karena tempat tinggalnya masih terendam oleh banjir.

Perwakilan dosen sekaligus Kepala Biro Admisi Udinus Andi Hallang Lewa, SS, MM., ikut turun langsung ke beberapa posko di Kabupaten Demak. Ia menjelaskan bantuan tersebut adalah bentuk keprihatinan Udinus terhadap bencana banjir yang dialami masyarakat. Bantuan yang diberikan tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan para korban bencana banjir.

“Tim Udinus yang terdiri dari perwakilan karyawan, dosen, dan mahasiswa telah diterjunkan dan bergerak cepat untuk menyalurkan langsung bantuan,” harapnya.

Sementara itu, ditemui setelah melepas rombongan dosen dan mahasiswa untuk mengirimkan bantuan, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, MKom., berharap bantuan yang diberikan mampu bermanfaat dan meringankan beban masyarakat Demak.

“Kami berharap bencana banjir kali ini, segera berakhir dan masyarakat yang terdampak dapat beraktivitas dengan normal kembali,” harap Rektor Udinus.

Sebelumnya telah diberitakan, Kabupaten Demak mengalami banjir  bandang yang disebabkan tanggul Sungai Wulan di perbatasan Kabupaten Demak dan Kudus kembali mengalami kerusakan. Sehingga berdampak terhadap sekitar ribuan warga karena rumah mereka terendam. Selain itu, diperparah dengan hujan lebat selama dua hari berturut-turut pada beberapa waktu lalu.

Bantuan Sangat Dibutuhkan

Banjir bandang yang melanda di Kabupaten Demak telah berlangsung kurang lebih sekitar seminggu. Hal itu sesuai dengan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak yang menyatakan pada Minggu, 17 Maret 2024 pukul 13.00 WIB. Yakni banjir memberi imbas hingga ke 88 desa yang tersebar di 10 kecamatan. Hingga saat ini, sebanyak 12.982 warga yang terdampak banjir tercatat telah mengungsi di beberapa posko.

Ditemui di Posko Gedung Iphi Gajah Demak, Koordinator Posko Pengungsian, Nurokhim mengatakan bantuan-bantuan dari masyarakat bagi korban bencana banjir di Kabupaten Demak, masih sangat diperlukan oleh mereka. Ia pun mengungkapkan rasa terima kasih untuk bantuan yang diberikan oleh Udinus.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan Udinus dan akan kami distribusikan segera ke masyarakat yang terdampak. Bantuan-bantuan semacam ini memang kami butuh kan,” ungkap Nurokhim. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)