Ingin Hasilkan Animasi Berkualitas seperti ‘Si Warik’? Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus Beri Triknya

[Sassy_Social_Share]

Ingin Hasilkan Animasi Berkualitas seperti ‘Si Warik’? Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus Beri Triknya

[Sassy_Social_Share]

Perkembangan animasi di Indonesia beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan dan mampu menarik minat penonton dari berbagai kalangan. Lahirnya animator-animator berbakat menjadi kunci utama meningkatnya kualitas dan karya mereka banyak dilirik oleh animator luar negeri.

Bahkan, Kota Semarang kini memiliki animasi yang berkualitas dunia, melalui animasi bernama ‘Si Warik’. Merupakan Intellectual Property (IP) dari mahasiswa dan dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Animasi itu telah mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari dalam maupun luar negeri.

Apresiasi yang didapat oleh animasi ‘Si Warik’ tak lepas dari karya visual yang berkualitas dan efek visual yang mampu memainkan peran krusial dalam menyampaikan narasi. Tak hanya itu saja, karya mereka pun mampu menciptakan pengalaman yang mendalam pada karya ‘Si Warik’. Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus sekaligus penggagas Animasi ‘Si Warik’, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom., membagikan tips dan trik untuk menghasilkan efek visual yang memukau.

Menurut Dr. Khafiizh, sebelum memulai pembuatan efek visual yang rumit, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip dasar animasi. Hal itu termasuk pemahaman tentang timing, spacing, arcs, anticipation, dan exaggeration. Memahami prinsip dasar tersebut, akan dapat menciptakan efek visual yang lebih realistis dan dinamis.

“Perlu juga untuk mendalami teknologi animasi 3D yang menawarkan berbagai macam alat dan teknik untuk menciptakan efek visual yang menakjubkan. Mungkin bisa Ambil waktu untuk bereksperimen dengan berbagai teknik seperti partikel, simulasi, fakta, pencahayaan, dan shading,” jelasnya.

Selain itu, Referensi menjadi kunci untuk menciptakan efek visual yang autentik dan realistis. Ketika membuat efek visual seperti ledakan, api, atau air, gunakan referensi visual dan audio sebagai panduan. Ia pun mengingatkan agar  jangan takut untuk berpikir out of the box dan menambahkan sentuhan kreatif. Hal itu akan membuat efek visual tersebut menjadi lebih menarik dan unik.

“Harus memperhatikan detail untuk menciptakan efek visual yang berkualitas tinggi serta tak lupakan suara karena suara menjadi elemen penting dalam menciptakan efek visual yang efektif. Terakhir, yang tidak kalah penting ialah jangan takut untuk bereksperimen dan jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)