Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei lalu, diperingati oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan menggelar lomba tiga kategori lomba Twibbon, Yel-Yel dan Vlog SMA dan Umum. Ajang tersebut diikuti 525 peserta dari berbagai pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Ketiga lomba itu mewajibkan para peserta untuk mengirimkan video maupun gambar sesuai dengan kategori yang diikuti. Hasil dari karya para peserta, dinilai oleh para juri yang berbeda-beda. Para finalis dari tiap kategori,diwajibkan untuk hadir di Gedung E lantai 3 Udinus untuk mengikuti prosesi pengumuman pemenang.

Sebelumnya, peserta telah mengumpulkan karya dimulai pada 10 Februari hingga 16 Maret 2024. Hasil mereka pun telah mendapatkan penilaian oleh para juri  yang dimulai pada 18-28 Maret 2024 dan pengumuman finalis diumumkan pada 25 April 2024.

Ketua Panitia Lomba Hardiknas 2024 Udinus, Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT mengatakan bahwa ajang ini, sebagai bentuk Udinus dalam memeriahkan Hardiknas. Para peserta yang berpartisipasi meurpakan siswa SMA/SMK dari seluruh Indonesia.

“Mayoritas peserta  berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur serta terjauh dari Sumatera Barat. Harapan kami melalui lomba ini, jiwa berkompetisi dari para siswa SMA/SMK dapat bertumbuh dan nantinya mampu mencerdaskan generasi muda Indonesia,” jelasnya.

Penampilan dari UKM Udinus mulai dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Dian Nuswa dan Dance From Udinus (DFU) turut meramaikan acara pengumuman pemenang ajang Hardiknas 2024. Tak hanya pengumuman pemenang lomba Hardiknas 2024, di launching juga aplikasi Sibiling yang diperuntukan bagi guru-guru konseling di Indonesia. Pada ajang Hardiknas 2024 Udinus, dibuka oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noerasongko, M.Kom dan turut hadir pula jajaran dari Udinus.

Apresiasi Ketua BPTIK Jateng

Ketua BPTIK Provinsi Jateng, Kristiawan Nurdianto , S.Kom, M.kom., memberikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba Hardiknas 2024 Udinus. Menurutnya, lomba tersebut merupakan wadah untuk mengasah kemampuan serta mengeksplorasi kreativitas siswa.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali untuk membentuk karakter siswa. Penghargaan yang diberikan merupakan kerja keras dan semangat siswa untuk memberikan yang terbaik di lomba ini,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)