Ingin Berwirausaha? Pakar Ekonomi Udinus, Dr. Nila Tristiani Tekankan Ide Bisnis Harus Sesuai Passion!

[Sassy_Social_Share]

Ingin Berwirausaha? Pakar Ekonomi Udinus, Dr. Nila Tristiani Tekankan Ide Bisnis Harus Sesuai Passion!

[Sassy_Social_Share]

Sebagian masyarakat memiliki impian untuk memulai usaha sendiri, sebuah impian yang tak akan pernah terlupakan. Namun, minimnya pengetahuan tentang wirausaha sering kali membuat orang takut untuk memulai. Ketika pengetahuan itu sudah dimiliki, maka langkah selanjutnya yaitu memulai usaha sesuai dengan passion sehingga risiko dalam diminalisir.

Pakar Ekonomi sekaligus Kepala UPT Kewirausahaan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Dr. Nila Tristiani, S.E., M.Si., CSRA., menjelaskan bahwa pemilihan ide bisnis yang tepat merupakan modal berharga agar usaha dapat bertahan dalam jangka panjang. Ia menekankan pentingnya ide bisnis dalam memulai usaha. Karena ide tersebut merupakan langkah awal yang nantinya akan terus dikembangkan.

“Dalam merancang sebuah ide bisnis, ada dua langkah utama yang harus dilalui. Pertama, ide bisnis akan lebih mudah terealisasi apabila sesuai dengan passion. Kedua, ide bisnis harus muncul dari masalah yang ada di sekitar,” ujar Dr. Nila.

“Ketika memulai usaha sesuai passion, pengembangan bisnis akan jauh lebih mudah. Dengan melihat masalah di sekitar, secara tidak langsung akan memunculkan pasar baru dan dari situ timbul sebuah kebutuhan. Kebutuhan tersebut muncul dari masalah yang akan diselesaikan,” imbuhnya.

Menurut Dr. Nila, seseorang yang ingin memulai usaha harus memiliki kepekaan untuk melihat masalah di lingkungan sekitar. Sebagai contoh, usaha transportasi online yang kini menjamur di Indonesia. Masalah yang ditemui adalah masyarakat kesulitan mencari transportasi umum yang aman, praktis, dan nyaman.

“Dengan memiliki kepekaan, tentunya akan memunculkan peluang bisnis yang menjanjikan. Jadi jangan ragu untuk mengamati lingkungan sekitar kita,” tambahnya.

Berbicara mengenai langkah dalam menghadapi tantangan memulai usaha, Dr. Nila menyarankan para calon pengusaha untuk terus belajar dan mengembangkan diri. “Pengetahuan dan inovasi adalah kunci sukses dalam dunia bisnis yang dinamis ini,” tutup Dr. Nila.

Dengan wawasan dan strategi yang tepat, impian memulai usaha bukan lagi sekadar angan-angan, tetapi bisa menjadi kenyataan yang sukses dan berkelanjutan. Udinus pun turut mendorong mahasiswanya agar menjadi seorang wirausaha yang cekatan. Dengan adanya mata kuliah wirausaha di setiap semester. Serta bimbingan dari setiap dosen untuk menciptakan ide-ide baru usaha dan tetap mengembangkan usaha tersebut. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)