Fakultas Kesehatan (FKes) melalui FDK3 Campus Press of (Udinus) sukses menyelenggarakan Rapat Kerja Forum Dosen dan Mahasiswa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Kegiatan itu mencakup peserta dari Jawa Tengah (Jateng) & Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berlangsung di Ruang Serbaguna gedung D lantai 1, pada Rabu (03/07/2024) pekan lalu.  

Kegiatan yang diinisiasi oleh FDK3 Udinus itu mengusung tema ‘Kiat Lolos Hibah DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat) & Peran Organisasi FDK3’.  Diikuti oleh puluhan dosen dan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Diantaranya dari perguruan tinggi negeri seperti Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Udinus), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Sebelas Maret (UNS). Serta dari beberapa perguruan tinggi swasta lain di Jateng & DIY.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. MG Catur Yuantari, S.KM., M.Kes menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang pertukaran informasi. Informasi tersebut nantinya akan bermanfaat dalam menunjang  penelitian, maupun pengabdian masyarakat. 

“Forum-forum dari FDK3 Udinus perlu diadakan untuk meningkatkan sinergi antar perguruan tinggi. Materi yang dibawakan seputar Safety Induction yang fokus pada kiat lolos hibah DRTPM serta terkait jurnal K3,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu, materi disampaikan oleh Prof. Dr. Yuliani Setyaningsih, S.K.M., M.Kes., dan juga oleh Dr. Evi Widowati, S.K.M., M.Kes.

Dekan FKes Udinus, Enny Rachmani, S.K.M., M.Kom., Ph.D., turut hadir untuk membuka kegiatan, ia berharap melalui rapat kerja tersebut dapat meningkatkan jejaring antar perguruan tinggi. Sehingga, hal ini dapat membantu perguruan tinggi untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, 

“Khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen maupun mahasiswa. Harapannya kegiatan ini mampu meningkatkan jejaring yang sudah ada serta meningkatkan keilmuan di bidang K3,” tutup Enny. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)