Perjuangan Laurensius Faleddo Giri Retza, mahasiswa Sistem Informasi (SI) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang mengembangkan aplikasi Tilang.in bersama timnya terus mendapat respon positif dari masyarakat Jawa Tengah, utamanya Semarang.

Mulai dari kalangan mahasiswa Udinus sendiri hingga mantan walikota Semarang dan gubernur Jawa Tengah juga menyatakan dukungan terhadap Faleddo di ajang Digital Creative Indonesia (DCI) Competition tang pada tahun ini mengambil tema “The NextDev, Creative + Productive”. Hendrar Prihadi yang merupakan mantan Walikota Semarang ini menyatakan, semua elemen masyarakat harus mendukung satu-satunya wakil Jawa Tengah di ajang yang diselenggarakan oleh salah satu provider telekomunikasi nasional. “Semua wajib dukung,” ungkap Hendi dalam akun twitternya @hendrarprihadi. Faleddo dan timnya berhasil menyisihkan lebih dari 600 peserta dari seluruh Indonesia hingga masuk dalam 20 besar.

Sementara itu, gubernur Jawa Tengah melalui akun twitter miliknya @ganjarpranowo juga menyatakan dukungannya. “yes”, respon Ganjar ketika mendapat mention dari salah satu tim Tilang.in yang memohon dukungan orang nomor satu di Jateng ini. Tilang.in dan 19 aplikasi lain yang masuk dalam 20 terbaik ini memang sedang gencar-gencarnya menggali dukungan dari masyarakat, dukungan dapat dilakukan dengan memberikan vote secara online di website thenextdev.id hingga taggal 26 Oktober 2015.  

 

Tilang.in sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan agar mempermudah masyarakat melaporkan pelanggaran lalu lintas melalui cc.dinus.ac.id/tiket_IF26. Pihak kepolisian diberikan akses untuk dapat melihat data laporan yang masuk dalam Tilang.in, setelah itu kepolisian berhak menentukan apakah laporan dari masyarakat akan dilakukan penindakan atau tidak. Aplikasi berbasis cc.dinus.ac.id/tiket_IF26 ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti upload foto dan lokasi terjadinya pelanggaran lalu lintas. Sehingga bukti foto dapat menjadi indikator valid atau tidaknya pelanggaran yang dilaporkan.

 

Dukungan juga datang dari sivitas akademika Udinus. Agus Triyono, S.Sos., M.Si., selaku humas menyatakan, keberhasilan Tilang.in yang menjadi satu-satunya wakil Jateng di 20 besar DCI menunjukkan kualitas Udinus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Jateng. Ia dan sivitas akademika lainnya mengaku senang dan akan terus mendukung perjuangan Faleddo dan timnya di ajang DCI. “Ini menjadi bukti bahwa UDINUS memang memiliki kualitas sebagai PTS terbaik di Jateng. Kami juga senang dan terus mendukung Faleddo,” ujar Agus. (*humas)